RINI INDRIANA KULINGGAYU; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEKAMBUHAN PADA PASIEN SCHIZOPRENIA DI RUMAH SAKIT TK II PELAMONIA MAKASSAR


RINI INDRIANA KULINGGAYU. Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap
Kekambuhan Pada Pasien Schizoprenia Di Rumah Sakit TK.II Pelamonia
Makassar.

Dukungan keluarga merupakan suatu bentuk perhatian, dorongan yang didapatkan individu dari orang lain melalui hubungan interpersonal yang meliputi perhatian, emosional dan penilaian. Salah satu dukungan keluarga yang dapat dilakukan yaitu dalam pencegahan proses kekambuhan terhadap pasien schizoprenia untuk tetap menjaga status kesehatan pasien yang meliputi dukungan informasi, dukungan emosional, dan dukungan finansial. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga terhadap kekambuhan pada pasien
schizoprenia.
Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan model pendekatan cross sectional. Dimana teknik pengambilan sampel secara total sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan keluarga pasien schizoprenia yang ada pada saat penelitian berlangsung sebanyak 35 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menggunakan uji chi-square berdasarkan uji fisher’s exact
Tes.
Kesimpulan dalam penelitian adalah didapatkan sebagian keluarga pasien dalam memberikan dukungan keluarga cukup efektif guna menunjang pasien dalam mencapai kesembuhan atau mencegah terjadinya kekambuhan pada pasien schizoprenia khususnya dalam dukungan informasi, dukungan emosional, dan dukungan finansial yang dilakukan keluarga terhadap kekambuhan pada pasien schizoprenia di Rumah Sakit TK. II Pelamonia Makassar.
Kata kunci: Dukungan informasi, Dukungan emosional, Dukungan finansial,
“pasien schizoprenia”

RINI INDRIANA KULINGGAYU - Personal Name
Telah Disahkan pada Tanggal 29 Juli 2017
004-SKR-2017 KUL p
004
Text
Indonesia
2017
20 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...