NORBERTA N. RAHAWARIN; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN IBU HAMIL PADA TRIMESTER PERTAMA DI RUANG POLIKLINIK KIA RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR


NORBERTA N. RAHAWARIN, Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Ibu Hamil pada Trimester Pertama di RSUD Labuang Baji Makassar (Dibimbing Oleh Rita Ranggong dan Fadlyatul Fajri)

Kecemasan ibu hamil adalah reaksi ibu hamil terhadap perubahan dirinya dan lingkungannya yang membawa perasaan tidak senang atau tidak nyaman.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kecemasan ibu hamil pada trimester pertama di RSUD Labuang Baji Makassar.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2017. Penelitian ini dilakukan dengan metode analitik dengan pendekatan cross sectional, populasi yang diteliti adalah ibu hamil trimester pertama dengan jumlah sampel 36 responden. Tehnik pengambilan sampel dilakukan secara total sampling, pengumpulan data sekunder. Data yang diperoleh diolah dan dianalisa dengan menggunakan uji statistik dengan menggunakan uji chi square dengan menggunakan program SPSS versi 22.
Dari uji analisis data dapat diperoleh hasil dimana ada pengaruh usia dengan kecemasan ibu hamil trimester pertama dengan nilai p value = 0,000, ada pengaruh gravida dengan kecemasan ibu hamil trimester pertama dengan nilai p value = 0,000, ada pengaruh pengetahuan dengan kecemasan ibu hamil trimester pertama dengan nilai p value = 0,001, ada pengaruh dukungan keluarga dengan kecemasan ibu hamil trimester pertama dengan nilai p value = 0,000.
Kesimpulan dari penelitian ini usia, gravida, pengetahuan dan dukungan keluarga mempengaruhi kecemasan ibu hamil pada trimester pertama di RSUD Labuang Baji Makassar.

Kata Kunci : Kecemasan, Usia, Gravida, Pengetahuan dan Dukungan Keluarga.

NORBERTA N. RAHAWARIN - Personal Name
Telah Disahkan pada Tanggal 16 Agustus 2017
006-SKR-2017 RAH f
006
Text
Indonesia
2017
20 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...