KASMAWATI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

GAMBARAN KEJADIAN KETUBAN PECAH DINI PADA IBU BERSALIN DIRUMAH SAKIT KHUSUS DAERAH IBU DAN ANAK ( RSKDIA ) PERTIWI


Kasmawati, Gambaran Kejadian Ketuban Pecah Dini Di Rumah Sakit Khusus Daerah Ibu Dan Anak ( RSKDIA ) Pertiwi, skripsi Mahasiswa Stikper Gunung Sari Makassar Program SI Keperawatan, (dibimbing oleh Magdalena Rieupassa dan Maria Filifrida Setia).
Ketuban pecah dini adalah pecahnya ketuban sebelum terdapat tanda persalinan, pembukaan primi kurang dari 3 cm dan pada multipara kurang dari 15 cm (Solikhan, 2011). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kejadian Ketuban Pecah Dini pada ibu bersalin di RSKD Ibu dan anak Pertiwi, berdasarkan faktor ibu (anemia dalam kehamilan dan multipara ) dan faktor janin ( kelainan letak yakni letak sungsang dan letak lintang ).
Penelitian ini dilakukan pada bulan juni tahun 2017. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif, populasi yang diteliti adalah ibu bersalin dengan ketuban pecah dini di Rumah sakit khusus daerah Ibu dan Anak ( RSKDIA ) Pertiwi. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang dijadikan sampel atau sampel jenuh yaitu sebanyak
32 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dengan penilaian skala ordinal. Data yang diperoleh diolah dan dianalisa secara manual menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian mengenai gambaran faktor yang memengaruhi terjadinya ketuban pecah dini di Rumah Sakit Khusus Daerah Ibu dan Anak ( RSKDIA ) Pertiwi tahun 2017 berdasarkan faktor ibu yakni anemia dalam kehamilan sebesar 18,75 ( 6 orang ) dan ibu multipara sebesar 65,62 % ( 21 orang ), sedangkan faktor janin yakni kelainan letak sebesar 56,25 % ( 18 orang
) yakni ibu bersalin yang mengalami letak lintang sebesar 56,25 % ( 18 orang )
dan letak sungsang 0 % ( tidak ada ).
Kesimpulan dari hasil penelitian ini multipara dan kelainan letak janin yakni letak lintang merupakan faktor yang memengaruhi terjadinya ketuban pecah dini di Rumah Sakit Khusus Daerah Ibu dan Anak ( RSKDIA ) Pertiwi.
Kata Kunci : ketuban pecah dini, penyebab, persalinan.


KASMAWATI - Personal Name
Telah disahkan pada tanggal 2 Aagustus 2017
010-SKR-2017 KAS g
010
Text
Indonesia
2017
20 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...