SAIPUDDIN; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

HUBUNGAN GAYA HIDUP DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA PASIEN RAWAT INAP DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR


Saipuddin, Hubungan gaya hidup dengan kejadian hipertensi pada pasien rawat inap di RSUD Labuang Baji Makassar (dibimbing oleh H. Abubakar Betan dan H. Ismail)
Dampak penyakit hipertensi berkembang dari tahun ke tahun dan membuahkan banyak komplikasi. Hipertensi adalah faktor resiko utama pada penyakit jantung, serebral (otak), renal (ginjal), dan vascular (pembuluh darah) dengan komplikasi berupa “infark miokard” (serangan otak), gagal ginjal dan penyakit vascular perifer. Akibat tekanan darah tinggi yang berlanjut terus, maka jantung bekerja lebih keras hingga otot jantung membesar. Kerja jantung yang meningkat menyebabkan pembesaran yang dapat berlanjut menjadi gagal (heart failure). Selain itu, tekanan darah tinggi juga berpengaruh terhadap pembuluh darah koroner di jantung berupa terbentuknya plak (timbunan) aterosklerosis yang dapat mengakibatkan penyumbatan pemuluh darah dan menghasilkan serangan jantung (heart attack). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan gaya hidup dengan kejadian hipertensi pada pasien rawat inap di RSUD Labuang Baji Makassar.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan simple random sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 31 dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling.
Pengelolahan data dengan SPSS versi 23, uji statistik Chi-square bivariat dengan tingkat kemaknaan p< ɑ(0,05). Penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan pola makan dengan kejadian hipertensi dengan nilai p=0,028
SAIPUDDIN - Personal Name
Telah Disahkan Pada Tanggal 10 Agustus 2017
033-SKR-2017 SAI h
033
Text
Indonesia
2017
20 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...